Kota Lubuklinggau Implementasi Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok.

  • Selasa, 23 Juli 2019 - 12:25:48 WIB
  • Dian Aftrisia
Kota Lubuklinggau Implementasi Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Lubuklinggau, 23 Juli 2019


Pada tanggal 1 Juli sampai dengan 23 Juli 2019 telah dilaksanakan serangkaian kegiatan implementasi Peraturan Daerah No. 1 Tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) berupa sosialisasi, pembinaan, pengawasan KTR dan skrining upaya berhenti merokok melalui test kadar Carbon Monoksida (Co) di paru-paru.


Kegiatan dilaksanakan di 29  kawasan tempat kerja (Organisasi Perangkat Daerah) dan tempat-tempat umum antara lain Pol.PP, BKPSDM, Bappeda Litbang, Kecamatan, Bandiklat, Inspektorat, Dinsos, Kantor Koperasi UMKM, Perpustakaan, Stasiun Kereta Api, Damkar, DPRD, Disdik, Disdukcapil, DPMPTSP, Polres, Bandara Silampari, Hotel di Kota Lubuklinggau.


Sebagai leading sektor kegiatan ini adalah Dinas Kesehatan  beserta Satpol PP dalam hal ini turut serta dalam implementasi Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit dr.Jeanita Purba, Kasie P2PTM Keswa Wahyu Romainah, S.St beserta staf, UPTD Puskesmas Kota Lubuklinggau, Satpol PP Bapak Yusdandeli, SH dan tim.
Tahun 2017 sampai dengan 2019 merupakan tahap sosialisasi pembinaan pengawasan Perda. Untuk selanjutnya proses penegakan Perda menjadi tugas dan tanggung jawab Satpol PP sebagai Tim penegak Perda.


Harapan kedepannya agar Perda KTR dapat terlaksana secara optimal sehingga mampu menurunkan Angka Kesakitan Penyakit akibat bahaya merokok seperti hipertensi, stroke dan jantung. Sebagaimana dalam Permenkes No 4 Tahun 2019 hipertensi merupakan satu dari 12 jenis Pelayanan Kesehatan Minimal bagi masyarakat bidang kesehatan.

  • Selasa, 23 Juli 2019 - 12:25:48 WIB
  • Dian Aftrisia

Berita Terkait Lainnya